Info?

Biasakan menghafal Al-Qur’an, MAS Sahid Terapkan Program One Week One Surah

Juara OWOS Putri MAS Sahid Pamijahan Bogor

MA Sahid Pamijahan Bogor menerapkan program One Week One Surah mulai tahun ajaran baru 2017/2018 sebagai salah satu ciri khas kegiatan Literasi sebelum masuk pelajaran inti setiap kegiatan belajar mengajar.

Program literasi sebelum masuk pelajaran inti adalah salah satu keharusan pada penerapan Kurikulum Nasional di Republik ini. Tujuannya agar para Santri mendapatkan wawasan dari berbagai sumber ilmu.

Sebagai alternatif kegiatan literasi, Kepala MA Sahid Pamijahan Bogor menerapkan program One Week One Surah dengan  koordinasi bagian Kurikulum, Sarpras, Wali Kelas, Guru BK dan tentunya para santri.

Setiap pergantian jam pelajaran, bagian Kurikulum memutar Audio Murottal yang berisi salah satu surat Al-Quran Juz 29 melalui insersio yang dihubungkan setiap ruang kelas yang sudah disiapkan oleh bagian Sarana Prasarana, sementara para santri dan guru mengikuti bacaannya. Hal ini akan dilakukan berulang sebanyak 4 (empat) sesi setiap hari  selama 1 (satu) minggu, sehingga  seluruh santri dan guru bisa mendengarkan satu surat sebanyak 24 kali seminggu. Minggu berikutnya bagian kurikulum akan memutar surat yang lain.

Para Wali Kelas memotivasi santri untuk menghafal setiap Surat yang sudah diputar pada setiap minggunya, sekaligus memperbaiki bacaan para santri, selanjutnya hafalan akan dicatat pada agenda Wali Kelas dan Buku Catatan Santri (BCS) sebagai penambahan poin prestasi.

Setelah santri tuntas menghafal 1 surat dan Buku Catatan Santri  sudah ditandatangani oleh wali kelas, berikutnya santri menyerahkan BCS kepada Guru Bimbingan dan Konseling (BK) untuk diberikan penambahan 1 (satu) poin prestasi setiap ayatnya dan dimasukkan pada system komputerisasi  BK yang akan memproses prestasi dan pelanggaran Santri, sehingga santri akan mendapat rapot BK setiap akhir semester.

Juara OWOS Putra MAS Sahid Pamijahan Bogor

Adapun para santri aktif menghafal Al-Qu’ran program One Week One Surah pada semester ganjil ini adalah:

  1. Fajar Andrian,kelas 10-MIA-1
  2. Mukhlini Ramadhan, kelas 10-IIS-1
  3. Fatimah Abiyyi, kelas 10-MIA-2
  4. Nindya Rahma A, kelas 10-MIA-2
  5. Haramain Rabbany, kelas 11-MIA-1
  6. Hafidz Raihan, kelas 11-IIS-1
  7. Cindy Annisa, 11-kelas MIA-2
  8. Salsabila Irawan, kelas 11-IIS-2
  9. Alfa Syauqi, kelas 12-MIA-1
  10. Nagatha Goldy M, kelas 12-MIA-2
  11. Beni Sutisna, kelas 12-IIS-1
  12. Dwi Ratiningsih, 12-IIS-2

Kepala MA Sahid Pamijahan Bogor memberikan Piagam Penghargaan dan Buku kepada mereka yang telah gigih menghafal sebagai motivasi kepada para santri serta terima kasih kepada pihak terkait yang telah menjalankan program ini.

Piagam dan hadiah buku telah diserahkan pada Apel Perdana Senin, 8 Januari 2018 di Lapangan WS 1 oleh Waka Kurikulum Ustadz Purwanto, S.Pd.I. disaksikan seluruh Santri dan para Ustadz MA Sahid Pamijahan Bogor.

Kepala Madrasah juga menginstruksikan kepada Guru BK agar setiap ayat yang dihafal diberikan 5 poin prestasi yang akan diberlakukan mulai semester genap ini.. [MASAHID]-R-Afi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *