Info?

SATYAKU KU DARMAKAN, DARMAKU KU BAKTIKAN MTs Sahid

Pramuka menjadi ekstrakurikuler yang wajib di ikut oleh setiap santriawan dan santriawati Madrasah Tsanawiyah Sahid, hari ini para santri sedang melaksanakan kegiatan kemping di Kampung Pondok Rt 02/06 Desa Ciasihan Kecamatan Pamijahan, bertujuan untuk melatih kemandirian , kepemimpinan, kekompakan dan ke solitan atarsesama anggota pramuka itu sendiri. Selain itu harapan  kemping ini juga bisa memberikan banyak pengalaman yang berharga   kepada para santri yang jarang mereka dapatkan di pondok pesantren.

Keseruan hari ini yaitu perlombaan Pionering Mini yaitu salah satu teknik pramuka dalam penggunaan peralatan tongkat dan tali yang dirangkai menjadi sebuah model suatu objek, tujuannya memberi informasi, ilmu baru terutama keterampilan para santri dalam membuat sebuah model  suatu objek sederhana yang nantinya dapat diaplikasikan dikerhidupan sehari –hari.

gambar 1 (para santri membuat pionering mini)

Manfaat dari pionering ini juga memupuk rasa kebersamaan, kekompakan dan kerjasama yang baik antar santri, dapat diterapkan pada siatuasi genting  maupun sebagai  P3K (Pertolongan pertama pada kecelakaan) contohnya bisa untuk membuat tandu  darurat.

gambar 2 (para santri sedang membuat tandu darurat)

Selain pengembangan Keterampilan dalam kepramukaan, para santri diwajibkan mengikuti perlombaan yang berhubungan dengan kepesantrenan yaitu Lomba seni Kaligarafi dan Tahfidzul quran.

 

 

 

 

Gambar 3 (para santri sedang membuat gambar kaligrafi )

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 4 (Farhan Fakhrudin (Kanan) dan Nauvaldi Basuki (Kiri) Sedang mengikuti lomba Tahfid Al-Quran

Untuk menguji keberanian anak tampil di depan, para ustad dan ustadzah MTs Sahid, mengadakan lomba puisi berantai yang bertujuan mengembangkan Kreatifitas anak dalam membuat puisi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *