Pengajian Kitab Hadits Arbain

Alangkah indahnya hidup, bila jiwa mendapatkan kententraman, seperti halnya santriwati pesantren sahid. Rutinitas yang dijalankan dipesantren penuh dengan nilai-nilai agama, salahsatunya kegiatan santriwati bada jamaah subuh, selain tilawah qur’an adapula santriwati kelas akhir yaitu kelas XII MA dan SMK yang mengaji kitab hadist arbain bersama almukarom KH. Ust Tarmana Abdul Qosim, kali ini hadist yang dibahas adalah hadis mengenai niat, berbunyi :

ٍعَنْ عُمَرَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِنَّمَا الْأَعْمَالُ بِالنِّيَّةِ وَلِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى فَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ إِلَى اللَّهِ وَرَسُولِهِ فَهِجْرَتُهُ إِلَى اللَّهِ وَرَسُولِهِ وَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ لدُنْيَا يُصِيبُهَا أَوِ امْرَأَةٍ يَتَزَوَّجُهَا فَهِجْرَتُهُ إِلَى مَا هَاجَرَ إِلَيْهِ

Dari Umar radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallambersabda, “Amal itu tergantung niatnya, dan seseorang hanya mendapatkan sesuai niatnya. Barang siapa yang hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, dan barang siapa yang hijrahnya karena dunia atau karena wanita yang hendak dinikahinya, maka hijrahnya itu sesuai ke mana ia hijrah.” (HR. Bukhari, Muslim, dan empat imam Ahli Hadits)

Beliau menjelaskan :

Imam Bukhari menyebutkan hadits ini di awal kitab shahihnya sebagai mukadimah kitabnya, di sana tersirat bahwa setiap amal yang tidak diniatkan karena mengharap Wajah Allah adalah sia-sia, tidak ada hasil sama sekali baik di dunia maupun di akhirat. Al Mundzir menyebutkan dari Ar Rabi’ bin Khutsaim, ia berkata, “Segala sesuatu yang tidak diniatkan mencari keridhaan Allah‘Azza wa Jalla, maka akan sia-sia”.

Maka dari itu, beliau berpesan,tekadkanlah niat dimanapun kita berada, niat semata-mata segala sesuatu yang kita lakukan adalah karna Allah, agar setiap amal perbuatan kita dapat menjadi amal kebaikan. Selain itu, apabila niat kita karna Allah maka disana Allah akan menolong kita, menyertakan setiap kesukaran kita dengan kemudahan, amiin.

Waallahualam bishoab…

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *